USBN Pendidikan Agama (Pendidikan Agama Islam, Agama Hindu, Agama Kristen, Agama Budha dan Budi Pekerti)
Diikuti oleh 532 orang Peserta al:
A. Pend. Agama Islam
Laki-laki =162 orang
Perempuan r 314 orang
Total = 476 orang
B. Pend. Agama Hindu
Laki-laki = 13 orang
Perempuan = 38 orang
Total = 51 orang
C. Pend. Agama Kristen Protestan
Laki-laki = 1 orang
Perempuan = 1 orang
Total = 2 orang
D. Pend. Agama Kristen Katolik
Laki-laki = 1 orang
Perempuan = 1 orang
Total = 2 orang
E. Pend. Agama Budha
Laki-laki = 0
Perempuan = 1 orang
Total = 1 orang

Total Keseluruhan sebanyak = 532 orang peserta.

USBN Pendidikan Agama ini merupakan kegiatan serentak se NTB untuk jenjang SMA/SMK, alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar, Tahun 2018 lalu USBN Agama KHUSUNYA PAI sesuai POS menggunakan USBNBK, utk UPT Layanan Dikmen. LP-PLK MALOMBA (Mataram Lombok Barat) tetap menggunakan USBNBK, utk tahun ini menggunakan Paper Base dr hasil arahan Kepala UPT dan hasil Rapat dg MKKS, se Kota Mataram dan Lombok Barat utk dapat memastikan kesiapan Lab setelah sinkronisasi yg akan digunakan pada hari senin 25 Maret 2019 sekarang ini.
Semua ini disebar menjadi 27 Ruang Ujian dengan diawasi masing masing ruang dua orang pengawas.

Kegiatan dimulai pukul 07.30 sd 09.30.

Dibeberapa Kabupaten Kota sesuai kesepakatan tetap menggunakan USBNBK, sehingga dipastikan USBN PENDIDIKAN AGAMA Tahun 2019 kali ini menggunakan dua sistem yakni dengan Berbasis Komputer USBNBK dan berbasis Paper Based.

USBN Pendidikan Agama (Islam, Hindu, Kristen dan Budha) adalah mata pelajaran yang pertama di USBN kan kemudian di selingi. Oleh UNBK mulai senin tanggal 25 sd tanggal 28 Maret 2019, selanjutnya besok mulai tanggap 1 april 2019 akan dilanjutkan dengan mata pelajaran yang lain baik Normatif Adaptif dan Produktif,
SMKN 2 MATARAM saat kegiatan USBN berlangsung pada sesi pertama mendapat kunjungan TIM Monev dari Pengawas Kemenag Kota yakni Bapak H. Muksin Abdul Muhid, S.Ag. M.Pd.I, beliau sempat meninjau langsung ke ruang ujian setelah diterima oleh Kepala Sekolah di Ruang kerjanya.

Sulman Haris yg merupakan ketua GPAI yg sekaligus Humas SMKN 2 Mataram menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan USBN Pendidikan Agama di SMKN 2 berjalan aman dan lancar termasuk proses pengawasan di 27 Ruang Ujian. Sesi dua dilanjutkan dengan mulai pukul 10-00 sd pukul 12.00 mata pelajaran PPkN.

Pada jenjang SMA dan SMK baik Negeri maupun Swasta USBN Pendidikan masih menggunakan dua jenis Kurikulum yaitu Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 ungkap Sulman.