Kegiatan UKK TP. 2018-2019 di SMK 2 Mataram diikuti oleh 532 peserta Kls XII seluruh Program Studi Keahlian.

Untuk Ujikom sedndiri oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMKN 2 Mataram bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendapat jatah peserta sebanyak 360 peserta didik di semua sekolah jejaring se NTB.

Dengan siswa di uji kompetensinya melalui LSP, siswa sudah tersertifikasi maka diakui secara nasional dan utk UPW bahkan sampai tingkat ASEAN.

Pola UKK tahun ini tetap berjalan lancar dengan harapan setelah peserta didik mengikuti UKK ataupun UJIKOM oleh LSP mereka akan dapat mendapatkan nilai Kompeten, maka anak diharapkan sudah siap bekerja.
Peserta didik yang mendapatkan sertifikat berlogo Garuda Emas bisa menjadi bekal mereka dalam melamar pekerjaan kedepannya lebih mudah.

Dijelaskan program sertifikasi yang dikembangkan sekolah saat ini untuk Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Akuntansi. Kedua program ini terlisensi, sehingga kini ingin penambahan ruang lingkup (PRL) dalam sertifikasi. PRL ini untuk menambah skema lainnya dan masih dikerjakan serta akan diajukan ke BSNP dalam waktu dekat. ”doharapkan tahun depan semua semua program keahlian sudah bisa uji kompetensinya melalui LSP semua,”
Kepala Sekolah H Hudri Achmad mengatakan uji kompetensi keahlian (UKK) dari beberapa program keahlian di sekolah ini dimulai.
Sehingga guru sebagai leading dari ini semua harus mampu membuat siswa kompeten di bidangnya masing-masing. Diharapkan siswa keluar dari sekolah bisa menerima job sesuai bidangnya dan keahlian kompetensinya masing-masing. ”Kami inginkan juga siswa mampu membuka dan menarik peluang-peluang sesuai bidang mereka masing-masing.