Pembukaan LKS NASIONAL ke 27 Tahun 2019. tgl 7 sd 13 Juli 2019.
di Gedung Olahraga UMY Yogyakarta.

Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesai Raya selanjutnya Do’a Kegiatan Pembukaan diikuti oleh semua Duta Daerah Peserta Didik SMK dengan beragam Kompetensi, Pembimbing dan juga para Pendamping.
Sambutan Pak Direktur PSMK Bapak Dr. Ir. M. Bahrun, MM. 759 peserta
32 jenis bidang Lomba, 110 Tim Juri serta 102 peserta pameran 34 kontingen
Pameran produk dr 34 Provinsi, UJIKOM LSP, Workshop one scool one, harapkan kelak menjadi Generasi emas dan tangguh dimasa datang. Diakhiri dg Yel yel SMK SMK BISA… SMK HEBAT… SMK BISA HEBAT

SAMBUTAN MENDIKBUD oleh
Sekjen Kemendikbud sekaligus Plt. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Bpk Dr. Didik Hariadi.

Beliau memberikan apresiasi ke Gubernur DIY yg sdh berkenan jadi Tuan rumah. LKS ini bukan hanya Lomba namun unjuk Kerja Unjuk Strategi sbg wahana meningkatkan Kualitas Kompetensi. LKS juga meningkatkan sinergi Sekolah, Pemerintah dan DUDI utk semakin mensinergiskan semua Program dan Kurikulum. Mendorong Daerah utk Menyelaraskan serta pleksibelitas SMK disesuaikan dg Dunia Kerja.

Diharapkan kedepan tdk ada tamatan SMK yg tdk bisa bekerja/nganggur. Jumlah siswa SMK administrasi 1.250.000 org. Maka daerah perlu memunculkan jurusan barusesuai kebutuhan Dunia Kerja.
Yg perlu dikaji masih ada SMK yg belum punya PATNER DUDI.
beliau mohon kepada Bapak Gubernur DIY membuka Acara

Gubernur DIY SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO X dalam Sambutan Kalau ada anggapan menyampaikan bahwa kompetensi SMK rendah maka itu terbantahkan dengan Duta Indonesai dalam ajang Olimviade tingkat INTERNASIONAL mendapatkan 6 emas 3 perak.
Banyak anak negeri yg patut di apresiasi di gejolak negeri sekarang Ini, ketika banyak anak muda santai di Mall dan terjerat Narkoba ada yg patut dijadikan pertimbangan bahwa para peserta didik yg jenius sdh di intip Universitas asing baik Amerika, Korea, Jepang dan juga Malaysia, dan negara negara maju di Eropa dg memberikan BEASISWA, 
Oleh sebab itu pengembangan SDM secara terpadu dalam segala laboratorium dapat menjadi inovasi di dunia industri sekarang ini maka pola inovasi di Kls dan ekosistem Sekolah, maka pemda menyambut baik dan apresiasi penyelenggaraan LKS TINGKAT NASIONAL ke 27 Tahun 2019. 
Diakhiri sambutan dg Ucapan SELAMAT BERLOMBA selanjutnya dibuka secara resmi oleh Gubernur DIY.