Kegiatan Penandatangan MoU dan Pembukaan Kegiatan Uji Kompetensi ini adalah merupakan serangkaian Program Kerja SMK Negeri 2 Mataram pada Tahun Pelajaran 2018-2019. Tujuan dilakukan Kegiatan ini adalah utk mensingkronkan Struktur kurikulum disekolah dengan kebutuhan dan perkembnagan di DU/DI serta memperkuat kerjasama antara sekolah dengan DU/DI.
Serangkaian yg sdudah dilakukan memberikan pembekalan kepada 333 peserta didik kelas XI di SMKN 2 Mataram sebelum mereka pada sabtu besok akan dilepas secara resmi melakukan kegiatan PKL selama 3 bulan mulai 16 Maret 2019 sd 17 Juni 2019. Pembekalan yang dilakukan utk Lima Program Studi Keahlian AKL, OTKP, BDP, UPW dan RPL yang narasumberyan baik dari internal ataupun ekternal sekolah.
Kegiatan Penandataanganan MoU yg diikuti oleh seitar 45 DU/DI, 10 Kepala Sekolah Jejaring LSP-P1, 5 Dinas terkait dan 5 dari unsur Kaprog. Dua kegiatan ini sangat bernilai Strategis untuk mensukseskan Kegiatan PKL dan UJIKOM bagi peserta didik yang ada di SMK N 2 Mataram dan juga SMK jejaring LSP-P1.
Bapak Drs. H. Yahya, M.Pd. dalam sambutan ketika membuka acara tersebut menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan untuk tetap menjalin kerjassama dengan DU/DI juga upaya LSP-P1 mencari terobosan sehingga mendapat Bantuan dari Kemenpar untuk melakukan UJIKOM. KABID Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke bebrapa SMK yg mana kompetensi peserta didik bisa dikembangka baik dirumah ataupun ditengah masyarakat. Jangan sampai peserta didik yg belajar di SMK tidak mampu mengaplikasinya kompetensi yg didapatkan disekolah dimana mereka berbaur dengan masyarakat. Masyarakat juga harus paham dan bisa memberikan dukungannya. Lebih lanjut Pak Kabid mengatakan Model SMK harus sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat, pihak Dinas berupaya bagaimana SMK bisa mampu melahirkan SIkap mental sesuai Kompetensi yang mampu menjawab tantangan.
Kepala SMKN 2 Mataram Bapak H. Hudri Achmad, S.Pd., MM. dalam pengatranya menyampaikan upaya untuk menjalin kerjasama dengan DU/DI terus dilakukan dan ditingkatkan guna penyesuaian Kompetensi peserta didik yang akan PKL dengan kebutuhan DU/DI, beliau menyatakan kedepaN diharapkan ONE SMK ONE GM.
Seramgkaian kegiatan ini saat Kadis Pariwisata memberikan sambutannya yg diwakili olet Ibu Kabid Kelembagaan IBU Baiq Yanuarita Lestari, SH. menyatakan bahwa dunia Pariwisata adalah salah satu konsen bapak presiden sebagai penghasil devisa terbesar, dan juga mengalami pertumbuhan tercepat di dunia, dan tahun 2019 ini Kemenpar fokuskan pada Peningkatan SDM di sector Pariwisata, dan juga Pariwista yang ditawarkan sekarang adalah pariwisata MELEK DIGITAL.

Terkait dengan hal ini LSP-P1 SMKN 2 Mataram yang tahun 2019 ini mendapatkan bantuan untuk kegiatan UJIKOM yang akan dilaksnakan pada Bulan Maret sd April sebganyak 492 orang peserta didik yang ada pada 15 SMK jejaring yg ada di Pulau Lombok dan Sumbawa. Adapun sebarannya sebanyak 340bpeserta didik dari bantuan Kemenpar, 49 peserta didik dari Direktorat PSMK serta dan mandiri dari sumber BOS dan juga BOSDA.
Untuk skema dibagi menjadi dua yaitu satu Sertifikat II Bidang Oprasional TUR (Memandu) dan kedua Teknis Akuntasi Yunior.
Kedua kegiatan ini setelah dilaksaanakan dialog dilanjutkan dengan penandatangan MoU Kerjasama antara LSP-P1 dengan 10 SMK Jejaring dan dilanjutkan juga dengan menandatangan Kerjasama SMK Negeri 2 Mataram dengan 34 DU/DU yang hadir saat Kegiatan.